Navigation List

Sejarah Dan Perkembangan Internet Lengkap

Sejarah Perkembangan InternetSiapa yang tidak mengenal internet, semua orang dari penjuru dunia pasti mengenal yang namanya internet. Sebagian besar masyarakat dunia sekarang menggunakan internet, bahkan bisa dikatakan hampir setiap orang, terutama di daerah perkotaan memiliki akses ke internet. Tapi masih banyak orang di berbagai belahan dunia, bahkan termasuk di indonesia yang masih belum bisa menikmati akses internet, penyebabnya cukup banyak, sebagian karena daerahnya terlalu jauh untuk menjangkau jaringan internet, minimnya perhatian dari Pemerintah daerah, dan banyak lagi. Tahukah anda Sejarah internet berawal dari terciptanya teknologi jaringan komputer pada tahun 1960. Apa itu jaringan komputer? Jaringan komputer adalah beberapa komputer yang terhubung satu sama lain dengan menggunakan kabel di satu lokasi yang memiliki hubungan timbal balik, misalnya di satu kantor atau bangunan.


Sejarah Internet

Sejarah dimulai pada bulan Agustus 1962 dan pembuatan internet pertama diajukan oleh seseorang bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awalnya disebut "Galactic Network" olehnya. Ini menceritakan bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang mengakses data dan program dari manapun. Pada bulan Oktober 1962, dia memimpin sebuah program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departemen Pertahanan AS.

Sejarah Internet & Pengembangan Internet

Arpanet sebuah Proyek yang merancang sebuah jaringan, dan ada banyak informasi yang dapat dipindahkan dengan mudah, yang pada akhirnya semua standar yang mereka tetapkan menjadi pengembangan protokol baru yang sekarang kita kenal dengan istilah TCP / IP (Transmission Control Protocol / Protokol internet).Sejarah awal proyek ini adalah untuk tujuan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan AS menciptakan sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di area vital untuk memecahkan masalah jika terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang dalam kasus perang dapat dengan mudah dihancurkan.

Baca Juga : Cara Mempercepat Mozila Anti Lelet


Pada tahun 1966 Larry Roberts mengembangkan konsep jaringan komputer. Kemudian ia merencanakan sebuah jaringan yang disebut ARPANET yang diterbitkan pada tahun 1967. Pada tahun 1969 ARPANET telah melibatkan empat komputer yang terhubung.

Sejarah internet juga dimulai dengan komputer pertama di universitas California Los Angelos, komputer kedua berada di Stanford Research Institute, komputer ketiga berada di University of California Barbara dan komputernya berada di University of Utah. Tahun 1971 jumlah komputer yang terhubung dengan ARPANET sampai 14 buah unit. Tahun ini protokol Telnet dan FTP dirancang. Pada tahun 1972 Larry Roberts dan Bob Kahn memperkenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang diadakan di Washignton.

Sejarah Pada tahun 1972 sejarah perkembangan internet menjelaskan Ray Tomliinson menulis sebuah program yang memungkinkan surat elektronik dikirim ke jaringan ARPNET. Dia merancang konversi "host @ user". Tahun ini juga ARPANET menggunakan NCP untuk mentransfer data. Pada tahun yang sama ARPA berganti nama menjadi DARPA. Huruf D berasal dari kata Defense. ARPANET tahun ini membuat hubungan internasional pertamanya dengan University College of London dan Royal Establishment di Norwegia.

Sejarah pada tahun 1978 Unix to Copy Protocol ditemukan di Bell Lab. Program ini berguna untuk mentransfer file. Pada tahun 1979 sebuah kelompok berita bernama USENET beroperasi atas dasar UUCP. Penciptanya adalah Tom Truscott dan Jim Ellis (keduanya mahasiswa di Duke University) dan Steven Bellovi

Sejarah internet pada tahun 1983 adalah John Postel dan Paul Mockapetris dan Craig Partidge mengembangkan Domain Name System (DNS) dan mengenalkan sistem pengamatan user@host.cdomain. Pada tahun 1984 DNS diperkenalkan pertama kali di internet dengan menggunakan nama-nama jenis domain ini. Gov, .mil, .org, .net dan .com.

Pada tahun 1986 TCP / IP mulai tersedia pada workstaiton dan PC. Tahun ini juga National Science Foundation mendanai NSFNET sebagai tulang punggung internet 56 kbps dan mengatur internet hanya untuk tujuan penelitian dan pemerintah nonkomersial.
 
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==