Navigation List

Jenis Pemrograman PLC

Program  adalah  rangkaian  perintah  yang  dapat  dimengerti  oleh  suatu kontroler  untuk dikerjakannya.  Kotroler  disini  dapat  berupa  komputer,  PLC atau  alat  lain  yang  dapat diprogram.    Dalam  modul  ini  akan  fokus  dibahas mengenai program PLC.

Konsepnya  adalah,  kita  buat  program  yang  dimengerti  oleh  PLC, kemudian  program tersebut kita tanam (download) ke PLC, maka  selanjutnya bila PLC tersebut kita pasang pada mesin, mesin tersebut akan dapat berjalan otomatis sesuai dengan program yang telah kita buat


Ada beberapa jenis pemrograman yang umum dalam PLC antara lain :
1. Ladder Diagram
2. Statement List / Mnemonic 
3. Function Block Diagrams
Dari tiga jenis tersebut, yang paling sering digunakan oleh para programmer PLC adalah Ladder Diagram karena paling mudah untuk digunakan dan juga mudah dalam troubleshooting.

Ladder Diagram
Ladder  diagram  adalah  bahasa  yang  menggunakan  simbol  relay  sebagai  komponen programnya. Logika  keluaran  yang  dihasilkan  pun  ekivalen  dengan  susunan  relay listrik sesungguhnya.

Tabel persamaan antara relay listrik dan simbol pada ladder diagram :

Statement List / Mnemonic 
Statement List / Mnemonic adalah kode - kode yang ditulis dalam betuk text dan angka namun memiliki tujuan yang sama. kode dalam mnemonic tedii atas bebeapa intuksi.



Function Block Diagrams
Function Block Diagrams adalah bahasa PLC yang bebetuk blok befungsi sebagai perintah variabel input dan output yang tebentuk dalam satu blok.




close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==